Selamat datang di doctor-viruzz blogspot.com , Serap informasi dunia terupdate saat ini. karena Semula Tau Jadi Makin Tau :: Download , tutorials , Artikel , Info ter-update , Tips , Game , dan masih banyak lagi..
The Widgipedia gallery requires Adobe Flash Player 7 or higher. To view it,

28 Feb 2012

Tips merawat dan menjaga Laptop/Notebook luar dan dalam


Tips merawat dan menjaga Laptop/Notebook luar dan dalam
                Nah…  kebetulan nih pingin berbagi tips aja nih buat para Netter yang lagi berkunjung ke blog saya. banyak orang masih kurang paham ama yang namanya  merawat Lepi (laptop) dan NB (Notebook) mereka mengabaikan hali ini, kebanyakan mereka Cuma sebagai pengguna (user) saja yang
gak peduli sama kesehatan alatnya.  sebenernya gak sulit kok, kita cuman dituntut dan piawai merawat aja dari segi hardware dan softwarenya. 
DARI SEGI SOFTWARE
 Langkah pertama cek apakah  aplikasi berikut sudah ada atau belum  :
1.       Melengkapi Kebutuhan PRIMER (WAJIB)
·         yaitu driver
khusus buat laptop/notebook anda.. ingat  driver mestilah se-merek dengan jenis /type laptop mu  biasanya satu paket ketika membeli bakal dapet 1 CD drivernya, jika tidak ada atau hilang silahkan download dulu …  (cari di mbah google)  isinya terdiri dari driver video, sound, Ethernet, wifi, dan masih banyak yang lain.  software ini yaitu software inti, dimana segala system dikontol dari sini..
2.       Melengkapi Kebutuhan Skunder software , dimana software-software  ini membantu dalam menjaga jalannya system untuk  terus dalam keadaan baik, (PENTING). contohnya: 
·         Anti virus (saya recomendasikan Avira atau AVAST)
·         Utilities (CCleaner, TuneUp utilities) yang direkomendasikan salah satunya untuk membuang data yang tak terpakai dihapus dalam system direktori..   sehingga tidak terjadi system error dan system lamban akibat penumpukan file takberfungsi yang tertanam dalam drive
·         K-litle Codec ( yaitu menginstal codec  video dan sound yang kurang lengkap, seperti file berformat .mkv (maktrosa), flv, MPG4, AVI dan masih banyak yang lain)
·         Driver khusus laptop/notebook seperti webcam, bloothoth, dan masih banyak yang lainnya tergantung tipe laptop dan notebook mu (untuk mengecek driver yang cocok silahkan googling)
3.        Kebutuhan aplikasi (NetWorking)
·         Aplikasi Browser (Mozila Firefox, Chrome, Opera, Flock dan lain-lain)
·         Aplikasi  download tambahan (IDM Internet download manager), (Torrent) dan masih banyak yang lain . saya rekomendasikan IDM
4.       Aplikasi Tambahan (Jika diperlukan saja)
·         Photosop (software untuk ngedat-ngedit foto)
·         Macromedia flash (software membuat animasi  flash dan sejenisnya)
·         FormatISO atau daemon tools (yang berguna untuk membuka file berjenis .iso)
·         GOM (bagi yang pingin muter  film selain di mediaplayer)
·         Winamp (aplikasi buat dengerin music .mp3)

5.       Aplikasi wajib yang biasa digunakan :
·         Adobe reader (aplikasi untuk membuka file PDF)
·         WINRAR (Software untuk membuka file zip/rar)
·         ANTIVIRUS
·         IDM (internet download manager) wajib pagi para netter
6.       Apa aja cara Penyempurnanya (dilihat dari software) ??
·         Update terus Antivirus mu untuk menambah direktori kekebalannya..! dan jangan lupa untuk men-scan laptop/notebook kamu secara rutin (min 2-3 minggu sekali)
·         update Aplikasi browser kamu (mozila/firefox) supaya koneksi jaringan cepat dan beriringan dengan kecepatan yang telah disesuaikan dari pusat (biasanya update sesuai pembaharuan revisi, antara 4-8 bulan sekali)
·         Pakailah CCleaner , minimal 2-4 hari sekali untuk membuang  file-file corrupt atau tak terpakai, yang membuat laptop mu jadi lamaban (lemot) 
·         Kalo bisa Update juga windows nya , (kecuali w7 stater tidak cocok untuk update). (menghindari file corrupt)
Untuk menjaga piranti keras dan  lunak di dalam laptop/notebook kamu, inilah tipsnya:
·         Lindungilah Laptop kamu dari Sinar cahaya matahari langsung, Air, Udara Lembab, Debu, Kotor, bantingan, Guncangan, tekanan, Magnet, dan hal-hal lainnya yang dapat merusak piranti.
·         Gunakanlah tas/ sampul laptop saat membawa berprrgian kemana-mana. hal ini berguna agar laptop/NB tidak tergores, terguncang keras, dan terlindung dari air
·         Gunakan juga Screen protector(pelindung layar) dan keyboard protector (pelindung keyboard) untuk melindungi dari debu dan sentuhan benda tajam yang mengakibatkan goresan permanen dan debu menumpuk di Laptop kamu..
·         Gunakanlah CoolPad dikala kamu akan memakai Laptop dalam waktu cukup lama (berguna untuk menstabilkan suhu pada mesin Laptop, sehingga tidak mengalami laptop cepat panas)
·         Pakailah USB Cable Connector (yaitu penghubung perantara antara Modem Flah kita dengan Laptop/NB), ini bagi kamu yang suka memakai Modem Flash (TelkomFlash, SmartFren,AHA, etc.)  agar modem tidak Cepat panas sehingga tidak beresiko melelehkan komponen didalamnya.
·         Charger (Pengisian baterai) . jangan terlalu Lama.. jika sudah penuh lekas Cabut dari sumber tegangan..   karena daya tekanan yang diberikan secara berlebihan bisa memperpendek daya tahan waktu pemakaian.
·         bersihkanlah laptop/NB dari debu atau noda-noda dengan tissue kering secara rutin tiap harinya
·         jangan sembarangan memegang laptop/NB, Tangan kotor,  berminyak dan berair dapat merusak system komponen Laptop/NB, seperti Touchpad, Layar, keyboard bahkan system didalamnya.
·         Jangan Berlaku kasar Pada Laptop/NB, ini terjadi ketika pengguna kesal, sehingga melampiaskan pada Laptop/NB yang berakibat kerusakan fatal
·         Jangan menaruh beban berat di atasnya, dapat merusak laptop juga
·         Jangan asal sembarang  Colokin Flashdisk orang di laptop/NB kamu, ini  bisa berakibat tertular Virus, dan nyolokin/nyabut Flashdisk mestilah secara prosedur..
·         Gunakanlah software Antivirus 1 buah saja, boleh 2 asalkan 1 antivirus local (SmadAv, PcMedia , Artav serta lain-lain) dan 1 Antivirus asing (AVIRA, AVAST, keyspersky, Norton, Eset dan lain-lain)
·         Jangan terlalu banyak menginstal suatu aplikasi, lihat dulu kemampuan laptop/NB nya apakah besar kapasitasnya.!  jika berlebihan Laptop/NB anda terancam Lemot dan sering terjadi system Erorr. ! besar VGA, RAM, dan HDD sangat berpengaruh..
·         Jangan terlalu banyak membuka jendela aplikasi di dekstop jika kapasitas memori RAM dan VGA nya kecil, ini bisa mengakibatkan aplikasi berjalan lambat.  karena prosesor bekerja diluar kapasitasnya. !
·         jangan mematikan laptop/NB secara paksa (langsung menekan tombol shutdown).. ini bisa berakibat data, file bahkan software-software penting terhapus.
·         Update terus ANTIVIRUS nya,  biar kekebalannya makin susah ditembus virus
·         jangan terlalu lama menggunakannya,,  karena semakin lama waktu semakin panas dan semakin cape juga laptopmu bekerja..  berikanlah waktu untuk menistirahatkan laptop/NB kamu.seperti manusia aja, kalo kerja terus menerus bakal kecapean dan jatuh sakit
·         Jangan sering mem-full kan suara/audio, ini bisa berakibat pecahnya benang speaker yang mengakibatkan suara menjadi keluar kecil bahkan tidak sama sekali bersuara.
·         Jangan terlalu keras menekan tombol keyboard, karena dibawah papan keyboard terhubung langsung dengan mesin utama, berindikasi rusak.
·         Jangan Terlalu sering melakukan install ulang, dapat mengurangi umur laptop
·         Jangan Menggunakan Laptop/NB diatas benda yang memantulkan panas, seperti kasur, bantal dan macam2 kain yang lain. gunakanlah ditempat yang keras dan menyerap panas , lebih bagus jika memakai CoolPad. dan lebih bagus lagi jika berada di ruangan ber-Ac.    semua itu agar Laptop/NB  tidak cepat panas
·         Jangan menutup Laptop dalam keadaan menyala (ini pemaksaan,..  berindikasi Kabel penghubung antara Layar dan mesin utama cepat rusak (putus) yang berujung layar monitor mati total.
·         Berkunjunglah keli-kali ke Service center layanan laptop kamu (berdasarkan MEREK), untuk mendapatkan layanan service dan checkup Laptop/NB kamu untuk mengetahui kondisi laptop kamu apakah sedang sakit atau tidak..  semua layanan Service tersebar di seluruh pelosok nusantara sehingga mudah untuk ditemukan jadi jangan khawatir..  biasanya layanannya geratis
·         Jangan terlalu banyak memasang aplikasi efek aneh-aneh pada desktop laptop, hanya menambah berat system saja.
·         Sesekali lah me-refresh (klik kanan refresh),,   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar