Selamat datang di doctor-viruzz blogspot.com , Serap informasi dunia terupdate saat ini. karena Semula Tau Jadi Makin Tau :: Download , tutorials , Artikel , Info ter-update , Tips , Game , dan masih banyak lagi..
The Widgipedia gallery requires Adobe Flash Player 7 or higher. To view it,

31 Mar 2012

Belajar OpenBTS 2012 via Ubuntu 10.10

salam sapa..  netter di seluruh penjuru dunia
kali ini saya mau berbagi nih, mengenai praktik langsung tentang OpenBTS via ubuntu 10.10
Lho.. kok pake Linux ubuntu..??   Iya.. soalnya Linux ubuntu ini ada GNU nya, sedang kalo pake windows kagak ada dan ga mensuport.. bisa sih mungkin,,, tapi sulit karena mesti instal ini dan itu.. karena windows/os banyak yg ga mensuportnya programnya...
kebetulan 1 hari yang lalu saya baru aja deh diajarin bikin BTS sendiri oleh Pak.Ono W purbo
(tentang jaringan telekomunikasi<sinyal> BTS)
menurut beliau ini adalah tips Gila dan super-duper berengsek..  mengapa berengsek..? karena seutuhnya OpenBTS itu yaitu pembuatan akses jaringan sendiri yang bikin berbasiskan geratiasan alias tanpa berbayar, mau itu internet, Tv, radio, Komunikasi, semua deh yang berbau memiliki suatu frekuensi.. gila gak tuh..  kita bisa semena-mena memanipulasi di frekuensi mana aja dan apa aja kita, dan dengan leluasa bisa
ngegunainnya tanpa mesti membayar se picis pun pada operator jaringan di frekuensi yang sama.. (karena kita sendiri yang membuatnya.. jadi kita bebas mau ngapain aja.. hohooho..)
o ia..sebelumnya mengenai frekuensi. di dalam dunia technologi kini, ada ratusan macam frekuensi dan macam pula ukurannya,, dimana frekuensi ini yang memberikan akses kita dikala Menelepon, menonton Tv, mendengar Radio, dan komunikasi jarak jauh, dengan besar frekuensi berbeda-beda...  mengapa berbeda? ini supaya membedakan merek dagang satu sma lain.. seperti halnya jaringan telepon Seluler, yang memiliki frekuensi antara 800 hingga 1800 an (Xl, 3, Telkomsel, AXIS, Indosat dll) >contoh lengkap<
nah terus kita bisa membuatnya??   Ya pasti ...  kita bisa membuatnya ..  simpel dan gampang.. 

Tapi Berarti ini Ilegal dong, kan sama aja kaya nge-hack dan masuk frekuensi perusahaan tanpa izin??  Wah dapet asumsi dari mana tuh...??  seutuhnya banyak orang-orang menganggap openBTS itu ILEGAL. tapi Gue jelasin bahwa 99% OpenBTS itu Oke dan sah kok..  dengan adanya kesempatan untuk membuat BTS sendiri,dan mempelajarinya otomatis Derajat Bangsa kita jadi makin pinter dong, karena sudah bisa bikin jaringan sendiri.. jadi ga perlu bergantung sama Operator penyedia layanan...   heii ingat, kita itu perlu untuk maju.. bukan terus bergantung dan sebagai user,!  gimana mau maju kalo cuma begini-begini aja..< Cek Kenapa gue bilang ini SAH >..
Pak Ono pernah bilang,, dalam pasal-pasal yang dibuat PBB (lupa pasal berapa pokoknya tentang hak manusia) kita tuh punya Hak untuk mendapatkan sarana komunikasi dari pemerintah dan pemerintah wajib menyediakannya..  nah kan kalo kita (anak bangsa) yang membuat sarana komunikasi itu kan berarti kita seutuhnya memakai produk negara kita sendiri dong.. malah bisa geratis tanpa bayar..   beda dengan kenyataannya..  ternyata pemerintahan kita enggak se pinter, dan enggak se jagoan yang kita bayangin.. mereka tuh gak mau ribet, dan mereka ga mau majuin bangsa ini..  jadi acuh saja mendengar kemajuan tekhnologi kini (OpenBTS)...
sesuai fakta dilapangan orang yang sudah mencoba/melihat dan tau proses OpenBTS baru Ribuan Orang saja.. bayangin aja dari 200 juta penduduk indonesia, cuman ribuan yang udah tau proses an praktekinnya.  dan cuman ratusan aja yang sudah menggunakannya...  suram banget ya negara kita.. 

Untuk bikin OpenBTS sendiri, kemarin pak.Ono ngejelasin mending pake Linux UBUNTU ...  eits  tapi Ubuntu yang 10.10 ya...soalnya itu support banget deh dan udah terbukti ke lancarannya...   namun sayang,, walaupun saya pengguna ubuntu 10.10, tapi sayang banget kaerena grub loader saya lagi eror karena saya pake 2 OS (ubuntu+ w7) dan baru menginstal ulang w7 jadi saya cuma bisa liat pak Ono dan asistennya  yang melakukannya...  Tapi walaupun begitu ada Layar infokus ini.. jadi bisa keliatan lah tahap tahapannya..  kita gunain open source..  source code nya udah ada kok jadi ga perlu kuwatir..  pokoknya tinggal Kompile  dan Instol doank..
Saking baiknya , pak Ono ternyata udah nyiapin nih tutorial linknya di (  http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/OpenBTS ) .lengkap deh..   + source codenya

klik aja disini untuk proses membuatnya/mengikutinya>  membuat OpenBTS (klik)

soal spec komputer yang kita gunain ga begitu berpengaruh kok.. jadi ga perlu kwatir..  gue aja pake notebook aja lancar...    
Pokoknya berkat Workshop kemarin gue dapet pengetahuan lebih.. dan akhirnya gue bisa bikinnya.. tinggal cari dana aja buat beli peralatannya... hehe
Tapi kata Pak.Ono w purbo, hanya bermodal bisa aja udah bisa ngehasilin duit diatas 100 juta sekali jalan... wow..  karena proses instol nya gak semua orang pada tau dan ngerti..  wahberutung banget berarti gue ya, walaupun cuma bisa dilingkup jaringan telekomunikasi .. ^^    

nih foto gue sama Pak Ono w Purbo..   numpang axis juga lah... 
kiri(Gue, Dwi Ibnu),tengah (Pak.Ono W Purbo), Kanan (temen gue, Aep R)
di acara Workshop IT WEEK 2012 yang berlangsung di Universitas Pakuan-bogor mengenai OpenBTS


selamat mencoba gan..   hati hati  juga ya...  salah instol dan masukin source code apalagi menyalahgunakannya bisa masuk penjara 6 tahun dan denda 600juta.. 

Ayo terus kembangkan OpenBTS diseluruh tanah air..  !!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar