Selamat datang di doctor-viruzz blogspot.com , Serap informasi dunia terupdate saat ini. karena Semula Tau Jadi Makin Tau :: Download , tutorials , Artikel , Info ter-update , Tips , Game , dan masih banyak lagi..
The Widgipedia gallery requires Adobe Flash Player 7 or higher. To view it,

23 Agu 2011

4 Tipe teman yang baik

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKhdx6mJ4OmyZgZuYbrzpcCnaegTUOiTg5rTAivVXqgjGUdLrLpmUEJBBY7k7iEPuCDnImEUOPMoHpDyoZ2izhg6VDS5kaDbBmP-nRJh6Lqrx66pnxnVD9B8-7vBkwORO8LVzxTbjigGM/s400/Best_Friend.jpg
Teman adalah tempat seseorang berbagi suka dan duka. Sebaik-baiknya teman haruslah membawa dampak positif pada diri seseorang. Jika ingin mengetahui termasuk tipe orang seperti apakah kita, lihatlah teman di sekeliling Anda. Ada 4 jenis teman yang patut Anda miliki.


Seperti dikutip dari Huffington Post, Robert Wicks, seorang profesor psikologi sekaligus pengarang buku Living the Resilient Life mengatakan ada 4 jenis teman yang patutkita cari dan masuk dalam siklus hidup manusia, yang tentunya akan membuat hidup lebih bahagia dan berkualitas.

1. Tipe pengkritik
Teman dengan tipe jenis ini akan selalu mengingatkan ketika kita melakukan kesalahan. Tanpa diminta pun, ia akan selalu mengkritik kita bila melakukan sesuatu hal yang menyimpang. Tipe ini sangat baik untuk mengingatkan kita pada jalan yang benar, meskipun terkadang menyakitkan mendengar kritiknya yang agak pedas.

2. Tipe pendukung
Anda yang memiliki teman seperti ini sangat beruntung, karena teman tipe ini akan selalu mendukung apa yang Anda lakukan dan ikut bahagia dengan kesuksesan Anda. Anda akan selalu merasa semangat dan termotivasi bila berada dekat-dekat dengannya.

3. Tipe penggembira
Mungkin tipe seperti ini yang lebih banyak disukai. Teman dengan tipe penggembira akan selalu membuat Anda ceria kembali di saat sedih dan berduka. rasanya tidak lengkap jika berkumpul tapi tidak ada teman Anda yang satu ini. Di saat Anda frustasi dan depresi, teman tipe inilah yang lebih banyak membuat Anda tertawa.

4. Tipe pembimbing
Anda akan merasa lebih bahagia ketika memiliki teman tipe ini. Berada di sekitarnya akan membuat Anda merasa tenang dan damai. Ia pun akan selalu memberi masukan dan nasihat yang berguna dikala Anda membutuhkannya. Rasanya hidup Anda menjadi terarah karena ada teman yang memberi masukan penting untuk hidup Anda.

Jika Anda belum memiliki teman-teman seperti di atas, sebaiknya mulailah mencari karena saling berbagi karena teman yang seimbang akan membuat hidupAnda lebih seimbang. Anda pun bisa terhindar dari penyakit stres dengan saling berbagi dengan mereka.




Merinding..?? info tentang terjadinya merinding

Mengapa Kita Bisa Merinding? Berikut Alasannya

Beberapa kondisi tertentu yang dialami seperti ketakutan atau kedinginan bisa menimbulkan reaksi tubuh merinding. Kenapa fenomena ini bisa terjadi?

Merinding adalah fenomena fisiologis yang diwarisi oleh nenek moyang sejak zaman dahulu dan dialami oleh semua mamalia.


Saat orang merasa merinding, tidak hanya rambut di kulit yang berdiri tapi juga disertai dengan munculnya gundukan-gundukan di tempat rambut tersebut tumbuh. Timbulnya gundukan tersebut akibat adanya kontraksi dari otot yang kecil.

http://images.detik.com/content/2010/06/26/763/merinding-%28health%29-dalam.jpgSeperti dikutip dari Scientificamerican, merinding terjadi karena alam bawah sadar seseorang melepaskan hormon stres yang disebut dengan adrenalin. Adrenalin yang dihasilkan oleh manusia melalui dua kelenjar kecil di atas ginjal tidak hanya menyebabkan kontraksi otot, tapi juga mempengaruhi banyak reaksi tubuh lainnya.


Selain itu merinding juga bisa muncul sebagai akibat dari kontraksi otot erector kecil yang ada di dalam kulit. Ketika rangsangan ini menghasilkan perubahan saraf, maka terjadi kontraksi pada otot sehingga rambut di atas kulit menjadi berdiri.

Tubuh yang merinding bisa terjadi sementara dan menghilang beberapa saat kemudian. Dan setiap orang tidak mampu mencegah tubuh yang merinding, sama halnya dengan muka yang memerah dan juga tubuh berkeringat.

Terdapat beberapa kondisi tubuh yang bisa menyebabkan rambut di kulit berdiri, yaitu:

Rangsangan udara dingin
Berdasarkan sebuah artikel yang ditulis oleh Eric Sonstroem dari Indiana University dalam website 'A Moment of Science', merinding adalah suatu reaksi primitif yang timbul dari sistem limbik otak. Ketika ada rangsangan udara dingin, maka rambut di ujung kulitnya akan berdiri untuk membantu menghangatkan tubuhnya.

Reaksi emosional
Beberapa reaksi emosional bisa menyebabkan tubuh merinding, seperti ketakutan, menonton film, melihat sebuah karya seni atau mendengar suatu konser musik. Emosi yang timbul bisa menyebabkan piloerection dari akar rambut menjadi bervariasi dan kompleks. Namun sampai saat ini belum diketahui mengapa ada orang yang merinding terhadap suatu rangsangan tertentu, sementara yang lainnya tidak.

Fight atau flight
Merinding menjadi respons dari mekanisme 'fight or light'. Ketika manusia merasa waspada terhadap adanya suatu bahaya, maka akan mengeluarkan adrenalin dan darah yang dipompa ke dalam otot menjadi meningkat sehingga tubuh menjadi merinding.

source: http://fenz-capri.blogspot.com/2010/06/kenapa-orang-bisa-merasa-merinding-ini.html

Manfaat Game untuk Perkembangan otak

http://i.okezone.com/content/2011/06/04/196/464395/qIBphrkvuX.jpg
ANAK zaman sekarang tentu tak asing dengan sejumlah game yang beredar di pasaran. Tak jarang Moms resah karena buah hatinya lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game daripada belajar.         


Eits, jangan selalu menuduh game itu negatif Moms! Menurut dr Arman Yurisaldi S MS SpS, game dapat melesatkan kerja otak lho. Tak percaya?


Dokter spesialis saraf di RS Satyanegera Sunter – Jakarta ini akan berbagi informasi seputar bagian otak dan kaitannya dengan game


Otak Depan Bawah (Prefrontal)

Fungsi: area yang menentukan suatu rencana dilaksanakan atau tidak. Tersimpan nilai-nilai agama, moral, adat-istiadat yang menjadi rambu-rambu tindakan yang dipelajari sejak kecil.   



Skor:

1. Memerlukan daya dan konsentrasi pengambil keputusan yang sederhana, tidak dibatasi waktu.
 

Jenis gamepermainan lucu, misal Beetle Crazy Cup. 
2. Memerlukan daya konsentrasi pengambil keputusan yang cepat. Dibatasi waktu, namun batasan waktu yang makin lama makin sempit. (Sedang)
 

Jenis gamepermainan multiplayer-dimainkan lebih dari 1 pemain; permainan petualangan, contoh: grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; permainan aksi; permainan olahraga, misal warcraft [DoTa], Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba, contoh Need for Speed; Call of Duty; dan SimCity 4.


3. Memerlukan daya konsentrasi guna mengambil keputusan yang sangat cepat, dibatasi waktu yang semakin lama semakin cepat.
 

Jenis gamewarcraft III [doTa], Catur; Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Civilization; dan Sudoku. 
 

Otak Kiri

 

Fungsi: area yang menentukan kemampuan berbahasa dalam menjelaskan ide-ide. Disebut pula daerah logika matematika.   
 

Skor:

1. Memerlukan logika sederhana.
 

Jenis gamepermainan lucu, misal Beetle Crazy Cup.


2. Memerlukan logika kompleks.
 

Jenis gamepermainan multiplayer; permainan petualangan, contoh grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; permainan aksi; permainan olahraga, misal Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba, contoh Need for Speed; Call of Duty;warcraft III [doTa] dan SimCity 4.


3. Memerlukan logika kompleks, serta daya urai/analisis pemecah masalah yang lebih mendetail/deskriptif.
 

Jenis gameCatur; Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Civilization; dan Sudoku.   
 

Otak Kanan

 

Fungsi: Melihat kemampuan seni seperti melukis, membuat puisi, novel, berkata-kata halus dalam berbahasa.    
 

Skor:



1. Memerlukan daya visuospasial (orientasi letak suatu benda dalam ruangan yang sederhana), seperti letak benda dalam satu posisi dalam ruang. Contoh letak suatu balok yang bergeser.


2. Memerlukan suatu daya orientasi benda di dalam ruangan yang bergerak dari suatu posisi menuju posisi lain dengan aneka posisi. Tanpa dibatasi batas keleluasannya. 
 

Jenis gamecatur.


3. Memerlukan suatu daya orientasi benda di dalam ruangan yang bergerak dari satu posisi menuju posisi lain, namun dibatasi.
 

Jenis gamepermainan multiplayer; permainan petualangan-contoh grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; permainan aksi; permainan olahraga, misal Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba, contoh Need for Speed; permainan lucu, misal Beetle Crazy Cup; Tetris;  Age of Empires II: The Age of Kings; Call of Duty; Civilization; SimCity 4 dan Sudoku.  


Otak Kecil 

 

Fungsi: area yang melibatkan pemikiran (kognitif); perasaan (afektif); kemandirian (otonom); fokus, perhatian (atensi); pemimpin, pengambil keputusan (eksekutif); dan memori.     
 

Skor:

1. Memerlukan ketepatan daya pemikiran mencapai suatu sasaran yang tidak terlampau sulit dan tidak dibatasi waktu. 


2. Memerlukan daya ketepatan perkiraan mencapai suatu sasaran yang tidak terlampau sulit, namun perlu daya pemikiran yang tidak dapat sekali pandang. Dapat dengan tepat mencapai sasaran. 
 

Jenis gamepermainan lucu, misal warcraft III [doTa], Beetle Crazy Cup;  Age of Empires II: The Age of Kings; dan SimCity 4.


3. Memerlukan daya pikiran ketepatan yang tinggi dalam mencapai sasaran, tidak dapat dilakukan dalam sekali pandang dan dibatasi waktu yang semakin sempit.
 

Jenis gamepermainan multiplayer; permainan petualangan-contoh grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; catur; permainan aksi; permainan olahraga, misal Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba-contoh Need for Speed; Tetris; Call of Duty; Civilization; dan Sudoku.  
 

Sirkuit Penghargaan (Reward)

 

Fungsi: Ada zat kimia dalam otak yang disebut dopamin. Zat inilah yang membuat anak memiliki rasa senang, bahkan ketagihan dalam belajar.    
 

Skor:



1. Tidak ada penghargaan terhadap suatu pencapaian. 
2. Ada penghargaan namun dengan angka skor yang rendah pertambahannya, walaupun aktivitas untuk mencapai skor cukup sulit.
 

Jenis gamepermainan lucu, misal Beetle Crazy Cup.  
3. Terhadap keseimbangan antara aktivitas mencapai keberhasilan dan pencapaian skor penilaian secara berimbang.
Jenis gamepermainan multiplayer; permainan petualangan-contoh: warcraft III [doTa], grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; catur; permainan aksi; permainan olahraga, misal: Pro Evolution Soccer (PES); Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Call of Duty; Civilization; SimCity 4; dan Sudoku.    


Sirkuit Papetz (Emosi dan Memori)

 

Fungsi: Jalur utama pada otak besar dan berperan mengontrol emosi.     


Skor:



1. Permainan dengan tingkat emosi yang tidak terlalu menggembirakan, tak perlu memerhatikan tahapan-tahapan berlatih. 


2. Permainan dengan tingkat durasi yang sedang dengan tahapan-tahapan tertentu. 
 

Jenis gamepermainan lucu, misal Beetle Crazy Cup.


3. Permainan dengan suasana yang menggembirakan dan tahapan-tahapan kompleks yang bila permainan itu dilanjutkan, maka semakin mempermudah penghapalan langkah-langkahnya.
 

Jenis gamepermainan multiplayer; permainan petualangan-contoh: grand the ft auto IV; solitaire; catur;permainan aksi; warcraft III [doTa], Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba-contoh: Need for Speed; Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Call of Duty; Civilization; SimCity 4; dan Sudoku.


Keterangan: 

Skor 1: Ringan
Skor 2: Sedang
Skor 3: Berat  (Semakin tinggi skor, semakin berefek positif pada aktivasi otak).
Namun ada permainan yang nilai skornya 3, tapi bersifat agresif misal Civilization (sebaiknya frekuensi main dikurangi). Permainan yang disarankan adalah Tetris. 


Aturan Bermain Game

 

Do’s 

- Bagi anak usia 9-12 tahun, disarankan bermain game selama 1 jam per hari.
- Masukkan daftar waktu senggang anak dengan bermain game.  


Dont’s

- Hindari game yang sifatnya mengandung unsur pertandingan atau kekerasan. Sebab, game jenis itu melatih tindakan agresif destruktif.
- Pilihlah jenis permainan yang bersifat pertandingan. Karena permainan ini memacu diri, tanpa menjatuhkan lawan. (Sumber: Mom & Kiddie)